Tipe Data PHP Part 5 – Tipe Data Array Pada PHP

Publikasikan By Febri Hidayan Berikan Komentar

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tipe Data PHP Part 5 – Tipe Data Array Pada PHP

Kita telah sampai di pembelajaran terakhir tentang tipe data pada PHP dan selanjutnya kita akan mengenal perintah yang ada di PHP. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tipe data Array pada PHP dan simak penjelasannya di bawah ini.

Tipe Data Array Pada PHP

Apa itu array pada PHP? Array adalah sekumpulan struktur data yang dapat meyimpan banyak nilai ataupun elemen dalam sebuah variabel. Array juga bisa kita ibaratkan sebagai ruang penyimpanan data yang memiliki nilai-nilai yang kita bisa panggil dengan angka atau indexnya. Memenggil dengan cara angka disebut juga dengan index numerik yang dimulai dengan angka 0 hingga seterusnya yang sesuai dengan jumlah yang ada pada isi array. Cara memanggil isi array cukuplah mudah dengan mengetahui nomor indexnya yang kita bisa lihat dengan menggunakan print_r(namavariabel); seperti ini. Pada contoh di bawah ini ada dua cara penulisan pertama dengan array menggunakan buka kurung bulat seperti disamping array(‘nilai’); dan kedua mendeklarasikan array dengan buka kurung kotak seperti [‘nilai’];. Mari kita simak cara mendeklarasikan array di bawah ini.

Kode Tipe Data Array Pada PHP
<?php
	$ikan  = array('lele', 'patin', 'gurami', 'paus', 'hiu', 'lumba-lumba');
	$ikan2 = ["kakak lele", "adik paus", "mama hiu"];

	echo "$ikan[0]<br>"; //lele
	echo "$ikan2[2]"; //mama hiu

	//---untuk melihat index didalam array
	echo "<br><br>";
	print_r($ikan); //Array ikan
	echo "<br><br>";
	print_r($ikan2); //Array ikan2
?>

Hasil Web Browser (Xampp)

Pada hasil di atas menunjukan hasil yang berupa lele dan mama hiu, untuk menampilkan nilai tersebut kita perlu menulis echo “$ikan[0]”; pada buka kurung kotak kita memasukan angka yang berupa index. Pada bagian bawah hasil dari print_r untuk memunculkan index didalam array pada kurung kotaknyalah yang kita gunakan untuk menampilkan isi array. Cara ini merupakan metode array yang bisa kita gunakan untuk mengetahui index array apabila kita lupa nomor urutnya didalam array kita bisa menggunakan print_r. Cara menampilkan nilai mama hiu juga sama hanya saja kita mengubah indexnya yang sesuai dengan nilai pada array. Semoga bermanfaat pembelajaran kita kali ini dan sampai jumpa ke pembelajaran berikutnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Shares