Tipe Data Java Part 7 – Mengenal Tipe Data Double Pada Java

Febri Hidayan Komentar

Tipe Data Java Part 7 – Mengenal Tipe Data Double Pada Java

Di sini masih membahas tentang bilangan floating point untuk tipe data double juga termasuk bilangan floating point. Pada bilangan floating point hanya memiliki dua tipe data yaitu float dan double. Untuk penjelasan tipe data double bisa kita simak penjelasannya sebagai berikut ini.

Tipe Data Double Pada Java

Tipe data double merupakan tipe data yang mengandung tingkat ketelitian yang lebih tinggi dibandingkan tipe data float. Tipe data double memiliki presisi gandang yang bisa kita bilang dengan (double precision) dan menggunakan ruang penyimpanan 64 bit dalam masalah penyimpanan suatu nilai. Untuk tipe data double tentunya jauh lebih cepat untuk melakukan yang namanya perhitungan matematis dari pada tipe data float. Pada tipe data ini, perhitungannya yang bersifat bilangan riil dan menghasilkan hasil yang lebih akurat, lebih baik kita menggunakan tipe data ini untuk masalah perhitungan yang memiliki angka di belakang koma. Kita bisa memanfaatkan tipe data ini dalam perhitungan yang memiliki angka di belakang koma dalam penambahan, pengurangan dan sebagainya. Misalnya nilai a = 20.88890 maka tipe data ini sanggup menghitung dengan jumlah yang baik tampa harus dibulatkan ketika proses perhitungan. Untuk melihat nilai minimal dan nilai maksimal yang terdapat pada tipe data double silakan lihat pada tabel di bawah ini.

Tipe Data Double Pada Java

Tipe Data

Ukuran (byte)Nilai MinimalNilai Maksimal
Double8 byte-1.7e308

1.7e308

Tidak perlu berpanjang lebar mari kita lihat contoh pengodeannya simak penjelasannya di bawah ini.

Kode Tipe Data Double Pada Java
package tipedata;
/**
 *
 * @author Febri Hidayan
 */
public class Double {
    public static void main(String[]args){
        double a, b, hasil;
        a = 89.83;
        b = 29.01;
        hasil = a * b;
        
        System.out.println("Hasil penggunaan tipe data double "+hasil);
        System.out.println("Copyright Sekolah Program");
    }
}

Hasil Run Project

Itulah hasil pemogramannya kita bisa lihat dengan hasil yang lebih baik, sedikit pemberitahuan untuk menggunakan tipe data double kita tidak boleh menggunakan tipe data lainnya. Pada pengodean di atas dengan nama variabel hasil harus disertakan dengan tipe data double kalau tidak maka akan terjadi peringatan (seperti garis merah di bagian bawah). Semoga lebih paham dalam penggunaan tipe data double ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa ke pembelajaran selanjutnya.

Category JavaTags Dasar Java Tipe Data Java


Mari Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *