Tipe Data Java Part 4 – Mengenal Tipe Data Int Pada Java

Febri Hidayan Komentar

Tipe Data Java Part 4 – Mengenal Tipe Data Int Pada Java

Dimana di pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tipe data short dan kali ini juga kita mempelajari tipe data int. Agar lebih paham tentang pengenalan lebih dalam tentang tata cara penggunaan tipe data int ini bisa kita simak penjelasaan sebagai berikut.

Tipe Data Int Pada Java

Tipe data int merupakan salah satu tipe data yang paling banyak digunakan dalam mempresentasikan angka dalam bahasa pemograman Java. Tipe data int dianggap paling efisien dari beberapa tipe tipe data bilangan bulat (integer) lainnya. Bukan hanya sampai disitu saja tipe data int juga banyak digunakan dalam indeks dalam struktur perulangan maupun dalam konstruksi sebuah array. Tipe data ini juga banyak digunakan dalam perulangan seperti for, while, do-while. Untuk melihat lebih dalam pada tipe data int kita bisa melihat nilai-nilai yang bisa kita gunakan pada tipe data int, silakan lihat pada tabel sebawah ini:

Tipe Data Int Pada Java

Operator

Ukuran (bit)Nilai MinimalNilai Maksimal
Int32 bit-2147483648

2147483647

Dengan jumlah ukuran 32 bit kita bisa menggunakannya dalam jumlah yang besar, tipe data ini paling banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi. Agar lebih paham cara penggunaan tipe data ini dengan ukurannya yang terbilang cukup besar, silakan lihat pemogramannya di bawah ini:

Kode Tipe Data Int Pada Java
package tipedata;
/**
 *
 * @author Febri Hidayan
 */
public class Int {
    public static void main(String []args){
        int barang = 2000;
        int uang = 3000;
        int hasil;
        
        hasil = barang - uang;
        System.out.println(" Belanja Berhasil ");
        System.out.println(" Uang kembalian barang adalah "+hasil);
        System.out.println(" Copyright Sekolah Program ");
    }
}

Hasil Run Project

Bisa kita lihat hasil di bagian atas, dimana kita bisa memasukan nilai yang besar sesuai keinginan kita akan tetapi kita harus memperhatikan batas nilai yang bisa lihat kembali pada tabel. Tipe data selanjutnya yaitu long diaman long lebih besar dari tipe data int. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipembelajaran berikutnya.

Category JavaTags Dasar Java Tipe Data Java


Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.