Tipe Data Java Part 1 – Pengertian Tipe Data Java dan Fungsinya

Febri Hidayan Komentar

Tipe Data Java Part 1 – Pengertian Tipe Data Java dan Fungsinya

Kali ini kita akan sedikir membahas tentang pentingnya tipe data dan sekaligus pengertiannya. Untuk itu lihatlah penjelasannya di bawah ini dengan sesama.

Pengertian Tipe Data Java

Tipe data adalah suatu keyboard yang secara otomatis datang dari bahasa program Java dan sama juga dari beberapa bahasa program lannya. dimana tipe data biasanya digunakan ketika kita menentukan suatu jenis nilai yang dapat ditampung oleh suatu variabel. Tipe data memiliki beberapa kegunaan dalan jenis nilainya sesuai apa nama tipe data tersebut. Adapun perbedaan jenis kelompok tipe data yang harus kita ketahui, yaitu tipe data bilangan bulat (integer), bilangan pecahan (floating point), dan tipe data boolean dan char. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang nama-nama tipe data yang wajib kita ketahui, sebagi berikut.

Tipe Data Bilangan Bulat (integer)

Tipe Data

UkuranNilai Minimal

Nilai Maksimal

Byte

8 bit-128127
Short16 bit-32768

32767

Int

32 bit-21474836482147483647
Long64 bit-9.22337E+18

9.22337E+18

Integer adalah sebuah tipe data yang paling dasar yang berupa bilangan yang tidak mengandung pecahan desimal. Tipe data ini juga memiliki urutan tersendiri, sehingga kita dapat menggunakannya sesuai kebutuhan dalam pemograman dan kita dapat membandingkannya satu dengan yang lainnya. Di bagian tabel diatas kita bisa tahu nama-nama tipe data integer ini dan kita bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Akan tetapi tipe data int lebih umum digunakan dalam pemogramannya.

Tipe Data Bilangan Pecahan (floating point)

Tipe Data

UkuranNilai MinimalNilai Maksimal
Float4 byte-3.40E+38

3.40E+38

Double

8 byte-1.7e308

1.7e308

Bilangan pecahan juga bisa dibilang real, real adalah tipe data yang dipakai pada variable yang berdata bilangan pecahan desimal. Dimana kita tahu di dunia matematika ada yang namanya angka dibelakang koma, makanya tipe data ini sangat cocok membantu kita untuk menuntaskan segala masalah dalam perhitungan. Pada tipe data ini yang paling umum digunakan yaitu tipe data double dimana double memiliki ukuran yang besar senilai 64 bit setara dengan 8 byte. Tipe data ini mampu menuntaskan segala hitungan yang melibatkan bilangan pecahan yang banyak angka dibelakang koma, seperti halnya perhitungan kosinus, perhitungan akar, pangkat, bahkan volume, dan masih banyak lagi.

Tipe Data Char dan Boolean

Tipe Data

UkuranNilai

Char

16 bit Unicode

‘A’, ‘1’, dan ‘A1’

Boolean1 bit

True dan False

Tipe data ini kita kan jelaskan persatu-satu, untuk tipe data char adalah tipe data yang terdiri dari suatu karakter atau satu buah angka, huruf, tnada baca, atau karekter khusus. Tipe data ini digunakan pada Switch Case dan juga ada beberapa lainnya. Tipe data boolean adalah tipe data yang paling unik hanya bisa membaca nilai true dan false saja. Hanya saja tipe data boolean memiliki 2 nilai saja atau juga bisa kita lambangkan dengan 1 atau 2 seperti biner.

Untuk mempelajari tentang tipe data pada Java Sekolah Program telah menyiapkan beberapa artikel untuk mempelajari tipe data ini yang bisa kita akses linknya dibawah ini. Silakan pelajari dengan sebaik mungkin dan semoga bermanfaat.

Fungsi Tipe Data Pada Java

Fungsi tipe data di Java untuk memudahkan kita dalam penggunaan atau memberikan nama pada variabel. Kita bisa menggunakan tipe data ini berkali kali dengan nama variabelnya berbeda-beda. Apa lagi tipe data ini sangat sensitif ketika kita menggunakan nama variabel yang sama, kelebihannya kita bisa menggunakan dengan nama yang sama tetapi ada perbedaan huruf besar dan huruf kecilnya misalnya, nama atau Nama. Setiap tipe data memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing yang bisa kita lihat sebelumnya diatas. Semoga pembahasan kita kali ini bermanfaat dan sampai jumpa di pembelajaran berikutnya.

Category JavaTags Dasar Java Tipe Data Java


Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.