Sistem Login Register Part7 – Koneksi Ke Database Dengan PDO

Febri Hidayan 2 Komentar

Sistem Login Register Part7 – Koneksi Ke Database Dengan PDO

Sebelumnya kita sudah selesai membuat tampilannya baik navigasi, form register, login, struktur database. Sekarang kita belajar cara mengkoneksi ke PHP, silakan simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Koneksi Ke Database Dengan PHP PDO

Pada part7 kita akan lebih fokus lagi ke PHP dan pegitu pula yang akan datang, akan tetapi mungkin ada beberapa hal yang akan kita pelajari di luar PHP. Mungkin ada beberapa kekurang sebelum artikel ini diselesaikan, disitu kita akan melengkapinya. Gak terlalu banyak dibahas silakan saja untuk ikuti langka koneksinya.

Baca juga: Sistem Login Register Part6 – Membuat Struktur Database Users

Pemberitahuan: sebelum melanjutkan tutorial yang satu ini, diharapkan untuk mengikuti tutorial sebelumnya pada link diatas. Bukan hanya itu ikuti paling awal tutorial Sistem Login Register ini.

Langka 1

Langka pertama kali ialah koneksi ke database dengan PDO, dengan nama koneksi $conn. Ada beberapa yang harus diketahui pada $conn = new PDO(parameter) parameternya yaitu

  • Mysql:host pada parameter pertama itu merupakan hostnya atau alamat servernya, bisa diisi dengan localhost atau 127.0.0.1.
  • Dbname sesuai namanya yaitu database name, berarti nama databasenya sesuai yang kita buat sebelumnya ialah loginregister.
  • Param 3 dan 4 pada parameter ini yaitu username dan password dari databasenya, kalau pada Xampp username: root dan password: kosong!. Kalau kita sudah memiliki website yang sudah online kita harus mengubah username dan passwordnya sesuai keinginan. Kalau masih dalam pengimbangan biarin saja secara default, karena hal ini masih diakses secara local.

Baca juga: Sistem Login Register Part1 – Cara Menyusun File Dan Folder

Silakan untuk copy langsung kode dibawah ini, lalu paste ke folder vendor > Database > file Connect.php. Apabila belum mengikuti dari awal bisa langsung lihat di artikel awal pada link diatas ini.

Kode Koneksi Database (Connect.php)
<?php
try {
  $conn = new PDO("mysql:host=localhost;dbname=loginregister", 'root', '');
  echo "Berhasil terkoneksi ke database";
} catch (\Exception $e) {
  echo 'Terjadi error koneksi '. $conn->getMessage();
}
?>

Langka 2

Untuk melihat hasil dari koneksi yang kita buat berhatikan langka untuk melihatnya. Emang agak terlalu panjang akan tetapi kita harus melihat hasilnya. Pertama kali yang kita lakukan ialah memanggil file connect.php didalam file _autoload.php, lihat kodenya dibawah ini

Kode _autoload.php
<?php
// memanggil file connect.php di folder Database
require_once 'Database/connect.php';
?>

Langka 3

Langka terakhir juga sama memanggil file _autoload.php ke dalam file header.php pada folder template. Lihat kodenya di bawah ini lalu letakan dipaling atas dari tag html-Nya.

Kode _autoload.php to Header.php
<?php
// file _autoload dari folder vendor
require_once 'vendor/_autoload.php';
?>

Maka kita bisa tes langsung pada web browser kita dengan localhost/loginregister setelah itu maka tidak akan tampil teks Berhasil terkoneksi ke database pada halaman utama. Untuk melihatnya kita bisa klik kanan pada halaman web browser klik view page resource (Ctrl+U). Maka akan lihat teks koneksinya seperti gambar dibawah ini.

Saran! Apa bila telah terkoneksi bisa kita kasih komentar pada teks koneksinya biar orang lain tidak akan bisa melihat.

Mungkin hanya itu tentang koneksi kali ini dan masih banyak perjalanan kita untuk menyelesaikan tutorial kali ini. Semoga bermanfaat dan apabila ada kesalahan saya mohon maaf. Sampai jumpa di tutorial pelajaran kita selanjutnya.

Baca juga: Sistem Login Register Part8 – Melakuan Register User

Category PHPTags Sistem Login Register


  • Mari Tinggalkan Komentar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *