Sistem Login Register Part16 – Membuat Sistem Logout

Febri Hidayan Komentar

Sistem Login Register Part16 – Membuat Sistem Logout

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenal sistem logout yang dibutuhkan saat orang lain keluar dari akun membernya. Sebelumnya kita juga sudah belajar cara Menyimpan Data Username Dengan Session, silakan baca deskripsi lengkapnya dibawah ini.

Membuat Sistem Logout

Cara menggunakan dan membuat sistem logout cukuplah mudah dengan menggunakan beberapa baris kode kita sudah bisa melakukan logout di akun member. Kenapa hal ini kita lakukan? Kerena dimana pun akun yang kita register harus dan wajib ada untuk sistem logoutnya. Jadi kita nggak khawatir lagi soal pencurian data, bahkan akun kita karena bisa kita keluarkan akun member kita. Ada beberapa langkah yang harus kita ikuti di tutorial kali ini, yang pertama merubah tampilan navigasi setelah login, sebelum login dan register. Silakann ikuti langkah dibawah ini.

Baca juga: Sistem Login Register Part15 – Menyimpan Data Username Dengan Session

Pemberitahuan: sebelum melanjutkan tutorial yang satu ini, diharapkan untuk mengikuti tutorial sebelumnya pada link diatas. Bukan hanya itu ikuti paling awal tutorial Sistem Login Register ini.

Langka1

Pada langkah awal kita akan melakukan sebelum dan sesudah login, dimana setelah login kita tidak lagi melihat menu navigasi login dan register. Maka yang harus muncul ialah menu logout. Caranya cukup mudah dimana kita akan membuat suatu validasi dimana kita akan menguji coba pada data Session, berarti kalau nilainya true maka sudah login dan false maka belum login. Silakan lihat script kode dibawah ini dan simpan di bagian file header.php di folder template.

Kode Validasi Menu Navigasi Header.php
<?php if (!empty(Session::start('username'))): ?>
  <li class="nav-item">
    <a href="logout.php" class="nav-link">Logout</a>
  </li>
<?php else: ?>
  <li class="nav-item">
    <a href="login.php" class="nav-link">Login</a>
  </li>
  <li class="nav-item">
    <a href="register.php" class="nav-link">Register</a>
  </li>
<?php endif; ?>

Pada penggunaan !empty() berarti kalau ada nilainya maka true (ingat tanda seru !), untuk class Session  datang darimana silakan lihat dibawah ini dan tutorial sebelumnya.

Baca juga: Super Global – Cara Membuat Class Session

Langka2

Pada langka ini sangatlah mudah dengan melakukan tiga baris kode singat langsung bisa logout, silakan simpan di file logout.php

Kode Logout.php
<?php
session_start();
session_destroy();
header('Location: login.php');

Pada saat menggunakan Session kita wajib menggunakan session_start() diawalnya, untuk session_destroy() merupakan cara kita untuk menghancurkan data session. Khusus penggunaan header() untuk mengarahkan lokasi setalah logout.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan lebih kurang mohon maaf, sampai jumpa di tutorial selanjutnya dan selamat mencoba.

Baca juga: Sistem Login Register Part17 – Mengingat Browser Dengan Cookie

Category PHPTags Sistem Login Register


Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *