Sistem Login Register Part13 – Menguji Username Yang Belum Terdaftar

Febri Hidayan Komentar

Sistem Login Register Part13 – Menguji Username Yang Belum Terdaftar

Banyak hal yang harus diketahui dengan adanya validasi tertentu untuk menguji username belum didaftarkan. Jadi banyak manfaat untuk membuat validasi ini untuk login, silakan baca deskripsi dibawah ini.

Menguji Username Yang Belum Terdaftar

Dalam kasus yang saya temui untuk hal ini ialah dimana suatu aplikasi web tidak memiliki validasi tentang pengujian username. Hal ini bisa terdampak pada pengguna kita atau member kita, dimana password yang dimasukan sudah benar akan tetapi username yang dimasukan oleh member salah. Mana tahu nama username terdapat huruf kecil atau besar mahkan angka. Begitu pula dengan sebaliknya? Akan tetapi biasanya diantara kita membuat infonya username atau password salah? Pasti hal ini yang kita buat dalam sistem login. Bagi saya boleh boleh saja, akan tetapi diusahakan untuk beruba hal itu semua untuk mengasi informasi ke member secara detail username atau password yang sebenarnya salah. Oke! Selanjutnya ikuti langka mengujian username dibawah ini.

Baca juga: Sistem Login Register Part12 – Login User dan Menggunakan Password Verify

Pemberitahuan: sebelum melanjutkan tutorial yang satu ini, diharapkan untuk mengikuti tutorial sebelumnya pada link diatas. Bukan hanya itu ikuti paling awal tutorial Sistem Login Register ini.

Langka1

Pada langka awal kita akan menggunakan fungsi select_name_key() yang sebelumnya kita sudah membuatnya pada part11 dimana kita disana diajari buat fungsi tersebut. Akan tetapi kita tidak perlu pergi lagi ke part11, karna saya sudah kasih bawah ini silakan dilihat.

Kode Function Selet_Name_Key()
function select_name_key($table, $column, $key)
{
  $query = runSelect("SELECT $column FROM $table WHERE $column = '$key'");
  if (fetch_obj($query)) {
    return true;
  }else {
    return false;
  }
}

Baca juga: Sistem Login Register Part11 – Mencegah Username Kembar Pada Register

Langka2

Sekarang kita akan membuat validasinya pada file login.php dimana kita biasanya menggunakan perintah if yang banyak saat login maupun register. Sedikit pengetahuan dimana disaat kita menggunakan tanda seru ! kalau di bahasa pemograman berarti kebalikannya misalnya !true maka false dan !false maka true. Silakan lihat hasil validasinya dimana ini, copy dan simpan di file login.php yang sebelumnya kita pelajar di part12.

Kode Login.php
if (isset($_POST['login'])) {
  if (!empty(trim($_POST['username'])) && !empty(trim($_POST['password']))) {
    if (select_name_key('user', 'username', $_POST['username']) != 0) {
      if (select_login('user', 'password', 'username', $_POST['username'], $_POST['password'])) {
        echo "Berhasil login";
      }else {
        echo "Password salah";
      }
    }else {
      echo "Username belum didaftarkan";
    }
  }else {
    echo "Kolom wajib diisi semua";
  }
}

Pada penggunaan fungsi select_name_key() kita menambahkan != 0 dimana maksudnya ialah kebalikan dari 0 berarti 1 maka apabila username nya ada berarti satu dan begitu pula sebaliknya. Sebagaimana yang sudah saya bahas sebelumnya pada artikel ini, mungkin itu saja yang bisa saya bahas pada artikel ini dan selamat mencoba!

Baca juga: Sistem Login Register Part14 – Membuat Pesan Error Pada Aktivitas

Category PHPTags Sistem Login Register


Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.