Sejarah Pengembangan Visual C++ (C Plus Plus)

Febri Hidayan Komentar

Sejarahnya C++

Untuk milihat sejarah pengembangannya kita lihat dari asal mulanya bahasa pemograman C++ ini.  Pada tahun 1978, oleh Brian W. Kerninghan dan Dennis M. Ritchie dari AT dan T Laboratories mengembangkan bahasa B menjadi bahasa pemograman C dengan nama terbarunya. Bahasa B yang diciptakan oleh Ken Thompson sebenarnya merupakan pengembangan dari bahasa BCPL (Basic Combined programming Language) yang diciptakan sebelumnya oleh Martin Richard.

Sejak tahun 1989, bahasa program C menjadi peristiwa penting dikarenakan keluarnya standar bahasa C oleh American National Standards Institure (ANSI). Bahasa pemograman C yang diciptakan oleh Kerninghan dan Rifchie kemudian dikenalkan dengan nama ANSI C. Mulai awal tahun 1980-an, Bjarne Stroustrup dari AT dan T Bell Laboratories mulai mengembangkan pemograman C. Pada tahun 1985, lahirlah secara resmi bahasa terbarunya dari hasil pengembangan bahasa C yang dikenal kita kenal dulunya, sebagai generasi yaitu C++ sebagai bahasa terbaru.

Dari Symbol ++ (plus plus) merupakan operasi C untuk operasi penaikan, muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa terbaru ini mampu untuk menjadi yang lebih baik dan lebih canggih dari C. Sebetulnya bahasa program C++ mengalami dua tahap evoluasi, yang pertama dirilis oleh AT dan L Laboratories dengan nama Cfront. C++ versi kuno hanya merupakan kompiler yang menterjemahkan C++ menjadi C.

Dalam pengembangan Borland International merilis compiler Borland C++ dan juga Turbo C++, keduanya kompiler ini sama sama dapat digunakan untuk menjalankan kode kode C++. Untuk perbedaan antara keduanya, Boerland C++ selain dapat digunakan diwabah lingkungan Dos juga bisa digunakan untuk pemogramanaplikasi Windows.

Pada evolusi selanjutnya, Borland International Inc tersebut mengembangkan Kompiler C++ menjadi sebuah kompiler yang mempu mengubah C++ langsung menjadi bahasa mesin (Assembly). Sejak evolusi ini, mulai tahun 1990 C++ menjasi bahasa berorientasi objek yang digunakan oleh sebagian besar programmer Professional. Selain kompiler yang telah disebutkan diatas tadi ada juga kompiler lainnya, yaitu Topspees C++ dan Zortech C++ yang merupakan hasil rilis dari perusahaan berbeda.

Category Blog C++


Mari Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *