Perulangan PHP Part 1 – Perulangan For Pada PHP

Publikasikan By Febri Hidayan 2 Komentar

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Perulangan PHP Part 1 – Perulangan For Pada PHP

Pada kesempatan kali kita masuk ke pembelajaran kita tentang perulangan atau di sebut juga dengan loop atau looping. Sebelumnya kita sudah mempelajari perintah pada PHP yang ada dan pada kesempatan ini kita masuk paling awal yaitu perulangan For untuk itu simak penjelasannya di bawah ini.

Perulangan For Pada PHP

Perulangan For sangat penting untuk bagi kita untuk melakukan perulangan data perkali-kali Jadi, kita tidak perlu lagi membuat kalimat yang sama untuk mengulangi data yang akan di tambilkan dari pada membuat kalimat yang sama disetiap baris demi baris mending kita menggunakan perulangan For. Cara penggunaanperulangan For sangat mudah sekali dengan membuat nilai awal (start), nilai akhir (end), dan eksperasi increment dan Decrement. Pada nilai awal biasanya kita akan membuat nilai untuk pertama kali akan memunculkan data yang diulang (untuk nilai awal biasanya dimulai dari angka 0). Pada nilai akhir digunakan untuk melakukan batas akhir dari pada perulangan yang kita buat, kita bebas untuk melakukan akhir perulangan selama kita inginkan. Untuk yang terakhir yaitu eksperasi merupakan cara kita untuk melakukan perulangan baik itu ditambahkan atau dikurangkan, kalau ditambahkan berarti memajuhkan nilai kalau dikurangi berarti memundurkan nilai suatu perulangan. Pada suatu perulangan kita bisa dengan mudah membuat pengodean yang singkat dan tidak memakan banyak data dalam suatu pengodean, untuk itu kita lihat langsung cara pengodeannya di bawah ini.

Kode Perulangan For Pada PHP
<?php
	for($a = 0; $a <= 10; $a++){
		echo "Perulangan for 11 kali baris <br>";
	}
?>

Hasil Web Browser (Xampp)

Pada contoh pengodean di atas kita menggunakan operator perbandingan untuk membandingkan suatu nilai, kegunaannya untuk membatasi perulangan. Kok perulangannya muncul 11 kali kenapa gak 10 kali? Karena, kita menggunakan operator <= bukan operator <. Kenapa dikarenakan lebih besar atau sama dengan (<=), makanya muncul 11 kali bukan sepuluh kali. Kalau merasa meragukan Anda dapat mencobanya sendiri, agar mengetahui maksud yang ada dan sedikit menambah wawasan dalam menggunakan perulangan For. Pada perulangan For kita akan membuat contoh kedua untuk melakukan pengodean yang berbeda, kali ini kita menggunakan function atau fungsi pada PHP. Silakan lihat contoh pengodeannya di bawah ini.

Kode Perulangan For dengan Function Pada PHP
<?php
	function muncul(){
		$muncul = "belajar perulangan PHP";
		echo "$muncul<br>";
	}
	for ($a=0; $a <= 10 ; $a++) { 
		muncul();
	}
?>

Hasil Web Browser (Xampp)

Pasti kelihatan kebingunkan karena kita belum mempelajari menganal Function kalau sudah megenalnya pasti kita akan mengerti bagaimana cara kerjanya. Hanya saja pada contoh diatas kita hanya menganggil fungsi di dalam kode perulangan For yaitu (muncul();). Kalau fungsinya hanya memunculkan teks belajar perulangan PHP dan perulangan For hanya mengulanginya yang ada pada kode fungsi. Semoga bermanfaat pembelajaran kita kali ini dan sampai jumpa ke pembelajaran berikutnya perulangan While pada PHP.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Shares