Pernyataan Java Part 4 – Pernyataan Return Pada Java

Febri Hidayan 2 Komentar

Pernyataan Java Part 4 – Cara Menggunakan Pernyataan Return Pada Java

Disini kita akan membahasa tentang pernyataan return, dimana sebelumnya kita sudah membahas pembelajaran kita pada pernyataan break dan juga continue. Untuk membahas lebih dalam tentang pernyataan return silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Pernyataan Return Pada Java

Return atau di bahasa Indonesia-Kan adalah kembali, return adalah sebuah nilai dalam suatu metode dimana kegunaannya digunakan diluar method atau fungsi pada program Java. Cara menggunakannya kita harus membuat method yang baru untuk menggunakan perintah return biasanya digunakan pada waktu sebuah method yang memiliki nilai pengembalian. Perintah return juga digunakan pada aplikasi seperti kalkulator sebagai class (didalamnya memiliki perintah-perintah program yang akan mengeksekusi penambahan, pengurangan dan juga yang lainnya). Pernyataan return cukup banyak sekali kegunaannya bukan sebagai membuat aplikasi kalkulator saja tapi berfungsi sebagai pemanggil atau pun juga memberikan nilai pada setiap variabel tertentu. Baik langsung saja kita lihat cara penggunaannya di bawah ini.

Kode Pernyataan Return Pada Java
package pernyataan;
/**
 *
 * @author Febri Hidayan
 */
public class return {
    public static void main(String[]args){
        int tambah = 20;
        int lain = 5;
        System.out.println("Hasil dari penjumlahan ialah : "+penjumlahan(tambah) + lain);
    }
    static int penjumlahan(int a){
        int hasil = a * a;
        return hasil;
    }
}

Hasil Run Project (Shift + F6)

Kita bisa melihat hasilnya diatas dimana 20 dikali 20 maka hasilnya 400, kenapa hasil Runningnya 4005 bukan 405 dilihat pada (penjumlahan(tambah) + lain). Pada nama variabel penjumlahan dan tambah keduanya dikalikan, sedangkan nama variabel nilai hanya menambah nilainya saja bukan penjumlahkan. Makanya hasil Running yang di hasilkan 4005 bukan 405 sesuai yang kita pikirkan sebelumnya. Untuk memahami cara menggunakan perintah return lebih dalam silakan pilih salah satu link di bawah ini selama link di bawah ini masih aktif. Apabila link tersebut tidak aktif silakan komentar di bawah ini. Gunakan Hashtag #returnjava untuk komentar lebih cepat.

  • Return Java – Cara Membuat Program Perhitungan Nilai Pangkat Pada Java
  • Return Java – Cara Membuat Program Perhitungan Nilai Akar Pada Java

Selamat mencoba dan pelajari lebih banyak tentang perintah return, semoga bermanfaat sampai jumpa ke pembelajaran berikutnya.

Category JavaTags Dasar Java Pernyataan Java


  • Write a Reply or Comment

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.