Pernyataan Java Part 3 – Pernyataan Continue Pada Java

Febri Hidayan Komentar

Pernyataan Java Part 3 – Cara Menggunakan Pernyataan Continue Pada Java

Sebelumnya kita telah mempelajari pernyataan break dan kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang pernyataan continue. Seperti pernyataan lainnya pernyataan continue juga disebut sebagai Jump Continue, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Pernyataan Continue Pada Java

Continue adalah sebuah perintah yang digunakan untuk menghentikan atau keluar dari hasil looping. Biasanya perintah continue berfungsi melompati sebuah perulangan misalnya sebuah perulangan dari angka 0 hingga 10 tetapi baris angka ke 5 ternyata hasilnya angka 10. Pada perintah continue juga untuk memproses secara melanjutkan ke perulangan selanjutnya tanpa mengeksekusi proses sedang berlangsung. Kalau sudah tahu penggunaannya silakan lihat pengodeannya di bawah ini.

Kode Pernyataan Continue Pada Java
package pernyataan;
/**
 *
 * @author Febri Hidayan
 */
public class Continue {
    public static void main(String[]args){
        for (int a = 0; a <= 6; a++){
            if (a == 3){
                System.out.println("Perulangan tiba tiba ke : "+(a+a));
                continue;
            }
            System.out.println("Melompati perulangan ke : "+a);
        }
        System.out.println("Copyright Sekolah Program");
    }
}

Hasil Run Project (Shift + F6)

Pada hasil diatas menunjukkan baris ke 4 bernilai angka 6 kenapa hal itu bisa terjadi? Karena pada perintah if kita memasukan parameter a == 3 dimana juga pada outputnya kita memasukan (a + a) maka hasil tersebut akan menambahkan maka dari itu hasilnya akan menjadi angka 6. Beda halnya kalau kita memasukan angka pada outpunya (a + 2) maka hasilnya akan menjadi angka 5 bukan angka 6. Pada perulangan for kita sudah menetapkan patas perulangan sebanyak 6 kali maka baris yang ditentukan hasilnya ada 7 baris angka (hak cipta Copyright Sekolah Program tidak dihitung), dimana perintah continue hanya melompati perulangan tambah merusak proses yang sedang berlangsung beda dengan perintah break sebanyak batas perulangan yang kita sudah tentukan maka perintah break akan menghentikannya sesuai pengodean yang sudah di tetapkan. Itulah penggunaan perintah continue yang sebelumnya kita mempelajari break dan selanjutnya return, semoga bermanfaat pembelajaran kita kali ini.

Category JavaTags Dasar Java Pernyataan Java


Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.