Pernyataan Java Part 2 – Pernyataan Break Pada Java

Febri Hidayan Komentar

Pernyataan Java Part 2 – Cara Menggunakan Pernyataan Break Pada Java

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menggunakan pernyataan break. Dimana break ini digunakan dalam perulangan dan juga pada switch case. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Pernyataan Break Pada Java

Jump atau lompatan merupakan pengendalian yang digunakan pada saat mentransfer sebuah kendali ke alur bagian perogram lainnya seperti pernyataan break (Jump Break). Break adalah sebuah bagian dari keyboard yang datang pada bahasa program itu sendiri. Perintah break sendiri memiliki kegunaan yaitu untuk keluar dari kendali baik itu dari switch case dan perulangan. Berarti kegunaan break dikaitkan dengan adanya pengendalian agar suatu program keluar atau agar berhenti dan kemudian di eksekusi di lanjutkan dengan perintah yang lainnya atau setelahnya pada blok percabangan atau pun perulangan. Agar tahu bentuk yang jelas cara penggunaan pernyataan break atau bisa disebut juga Jump Break, mari kitaa lihat bersama pengodeannya di bawah ini.

Kode Pernyataan Break Pada Java
package pernyataan;
/**
 *
 * @author Febri Hidayan
 */
public class Break {
    public static void main(String[]args){
        for(int a = 0; a <= 1000; a++ ){
            if ( a == 6){
                System.out.println("Perulangan berhenti karena break");
                break;
            }
            System.out.println("Banyak jumlah perulangan "+a);
        }
        System.out.println("Copyright Sekolah Program");
    }
}

Hasil Run Project (Shift + F6)

Pada hasil break diatas perulangan berhenti pada perulangan ke 6, pada hal perulangan yang kita tetapkan sebanyak 1000 kali perulangan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Di karenakan perintah if akan mengakhiri perulangan tersebut ke 6 karena adanya perintah break mengeksekusi hal tersebut. Jadi seberapa banyak pun batas perulangan yang kita buat tetapi dalam perintah if membatasi perulangan ke 6 maka hasil dari perulangan tersebut sebanyak 6 kali. Kalau kita ingin membuat lebih banyak perulangan sebelumnya maka kita hanya menambaahakan pada perintah if sebanyak berapa yang kita inginkan, misalnya a == 100. Itulah tadi pembahasan kita tentang cara penggunaan pernytaan break selanjutnya ada pernyataan continue dan return, semoga bermanfaat pembelajaran kita kali ini sampai jumpa ke pembelajaran selanjutnya.

Category JavaTags Dasar Java Pernyataan Java


Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.