Perintah PHP Part 4 – Perintah Nested If Pada PHP

Publikasikan By Febri Hidayan Berikan Komentar

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Perintah PHP Part 4 – Perintah Nested If Pada PHP

Kita sudah sampai pada perintah Nested If pada PHP dan selanjunya kita akan membahas perintah Swicth pada PHP. Apa itu perintah Nested If dan bagaimana cara penggunaannya dan bagaimana contoh perintah Nested If? Mari lihat penjelasannya di bawah ini.

Perintah Nested If Pada PHP

Kali ini kita akan membahas perintah nested if atau bisa disebut if yang bercabang seperti apa if bercabang itu. If yang bercabang di dalam suatu perintah if ada perintah if di dalamnya lagi. Perintah if bercabang memiliki kelebihan yang sangat besar dari perintah perintah yang lannya hanya saja persamaannya ya sama sama perintah gak jauh dari namanya yaitu if dan else. Perbedaannya hanya cara penulisannya saja, pada contoh di bawah ini kita memiliki nama orang yang akan belanja barang pastinya ketiga orang tersebut harus memiliki persaingan seberapa besar uang mereka. Apa bila uang salah satu dari mereka ada yang lebih besar maka orang tersebutlah yang akan dieksekusi. Jadi ibarat orang merebutkan nilai yang tertinggi yang akan mendapatkan juara. Untuk memahaminya bisa langsung saja ketik pengodeannya dan langsung dijalankan selamat mencoba pada contoh di bawah ini.

Kode Nested If Pada PHP
<?php
	$barang = 15000;
	$febri = 13000;
	$dhika = 15000;
	$yudha = 16000;
	$patungan = $febri + $dhika + $yudha;

	if ($febri > $barang) {
		echo "Febri sedang belanja<br>";
		if ($febri >= $barang *2) {
			echo "Febri bisa membeli 2 barang";
		} else{
			echo "Ops! uang Febri kurang<br>";
			echo "Febri hanya bisa beli satu barang";
		}
	} elseif ($dhika > $barang) {
		echo "Dhika sedang belanja <br>";
		if ($dhika >= $barang *2) {
			echo "Dhika bisa membeli 2 barang sekali gus";
		} else{
			echo "Ops! uang Dhika kurang";
			echo "Dhika hanya bisa beli satu barang";
		}
	} elseif ($yudha > $barang) {
		echo "Yudha sedang belanja<br>";
		if ($yudha >= $barang *2) {
			echo "Yudha bisa membeli 2 barang";
		} else {
			echo "Ops! uang si Yudha kurang<br>";
			echo "Yudha hanya bisa beli satu barang";
		}
	} elseif ($patungan > $barang) {
		echo "pengguna sedang patungan belanja<br>";
		if ($patungan >= $barang *2) {
			echo "pengguna patungan bisa beli 2 barang";
		} else{
			echo "pengguna patungan bisa beli satu barang saja";
		}
	} else{
		echo "Uang pengguna kurang semua";
	}
?>

Hasil Web Browser (Xampp)

Pada contoh diatas sangat banyak memiliki kondisi yang memungkinkan kita bisa menggunakannya yang berbeda dan lebih rumit lagi dari pada contoh diatas. Hasil dari contoh diatas uang yudha kurang tetapi hanya bisa membeli satu barang, karena kondisi yang pertama memiliki syarat 2 kali barang bararti 2 kali harga barang. Karena kondisi yang pertama tidak terpenuhi maka kondisi else akan mengambilnya. Tapikan perintah else digunakan paling akhir kok bisa beli satu barang seharusnya uangnya kurang. Iya! itu benar sekali, karena kita menggunakan if bercabang maka kita melakukannya di dalam cabang ada juga perintah else-Nya. Jadi ada hal lain yang memungkinkan uangnya bisa kurang apa bila semua kondisi yang ada tidak terpenuhi. Sedikit kelebihan pada contoh diatas adanya variabel $patungan dimana kita bisa membeli satu barang secara konsi dengan teman. Jadi pada variabel patungan mengumpulkan uang pengguna yaitu febri, dhika, dan yudha untuk patungan. Apabila uang mereka telah dikumpulkan maka mereka akan belanja barengan. Akan tetapi sifat dari contoh diatas siapa yang banyak uang maka ia akan dieksekusi. Sifat dari variabel patungan merupakan perintah untuk orang yang ada tidak mencukupi lagi uangnya dengan satu barang dan maka varibel patungan akan dieksekusi, sebagai syarat terakhir yang akan dieksekusi. Ada beberapa hal yang harus kita pahami dari penjelasanya diatas.

  • Pada contoh diatas memiliki persaingan tiga orang dalam masalah lebih banyak uang, siapa yang lebih banyak uangnya maka ia akan dieksekusi.
  • Apabila uang dari ketiga orang itu kurang semua dari harga barang yang telah ditentukan maka variabel patungan yang akan dieksekusi.
  • Kalau variabel patungan juga tidak mencukupi dengan harga barang maka perintah else yang paling akhir yang akan dieksekusi dan bisa dilihat sendiri letak perintah yang paling akhir.
  • Sedikit penambahan pada kita harus hati hati dalam pengodean ini karena apa bila kita salah penempatkan perintah else ini maka datanya tidak akan muncul di browser kita. Kita harus menempatkan perintah else ini secara wajib sesuai baris yang ada di perintah if pertama harus memiliki perintah else dan juga di dalam perintah di dalam perintah if dengan hasil yang berbeda.

Semoga penjelasan yang cukup panjang itu dapat bermanfaat dengan baik, selamat mencoba dan sampai jumpa di pembelajaran berikutnya mengenai perintah Switch pada PHP.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Shares