Perintah Java Part 3 – Mengenal Perintah If Else Pada Java

Febri Hidayan Komentar

Perintah Java Part 3 – Mengenal Perintah If Else Pada Java

Perintah if else pada Java merupakan pembahasan kita mengenal fungsi dari else sendiri dan kapan akan menggunakannya. Untuk mengenal fungsi keduainya yaitu if dan else kita bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Perintah If Else Pada Java

Perintah if-else merupakan sebuah kondisi yang memiki pengeculian, dimana apa bilah syarat pertamaa tidak terpenuhi maka syarat kedua akan dieksekusi. Perintah if-else sedikit berbeda dengan perintah if, dimana kita tahu untuk perintah if tidak memiliki pengecualian sedangkan perintah if-else memiliki ppengecualian. Sebagai contoh penggunaan perintah if-else, apabila suatu siswa nilai rata-rata ujiannya 75 keatas dinyatakan lulus apa bila nilai siswa 75 ke bawah rata-ratanya maka dikatakan gagal. Agar lebih paham mengenali perintah if-else ini silakan simak pengodeannya di bawah ini.

Kode Perintah If-Else Pada Java
package Perintah;
/**
 *
 * @author Febri Hidayan
 */
public class IfElse {
    public static void main(String[] args){
        double nilaisiswa = 75.00;
        if(nilaisiswa <= 75.01)
            System.out.println("Anda lulus ujian dengan nilai terbaik");
        else
            System.out.println("Maaf, Anda tidak lulus ujian");
        System.out.println("Copyright Sekolah Program");
    }
}

Hasil Run Project (Shift + F6)

Pada pengodean diatas saya sengaja menggunakan tipe data double, dikarenakan tipe data ini memiliki kelebihan dalam masalah angka di belakang koma. pada pengodeannya pun hanya selisi .01 dalam jumlah nilainya, dengan nilai KKM 75 dan nilai siswa hanya 75.01 sudah bisa lulus. Mungkin kita bisa membuatnya yang lebih sensitif lagi, semoga bermanfaat. Sampai jumpa ke pembelajaran berikutnya pengenai perintah else-if.

Category JavaTags Dasar Java Perintah Java


Mari Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *