Perintah Java Part 1 – Pengertian Perintah Java dan Fungsinya

Febri Hidayan Komentar

Perintah Java Part 1 – Pengertian Perintah Java dan Fungsinya

pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengenalan pengertian perintah Java. Perintah Java seperti yang kita ketahui bahasa pemograman yang lainnya juga memiliki cara untuk mengontrol alur eksekusi program. Untuk mengenal lebih dalam silakan simak penjelasannya sebagi berikut.

Perngertian Perintah Java

Dimana yang kita tahu di sebuah mesin pendaftaran yang memiliki sistem untuk melihat berapa banyak jumlah pendaftaran dan dapat memeriksa siapa saja yang belum terdaftar. Dimana perintah pada java adalah untuk memberikan perbandingan setiap nilai yang ada dan dieksekusi apakah nilai yang dimasukan sudah terdaftar atau belum. Perintah-perintah pada java antara lain, yaitu if, if-else, else-if, nested if (if bercabang), dan switch case. Kita bisa memanfaatkan perintah-perintah tersebut dengan adanya perintah pada java kita dapat memberikan lebih banyak nilai-nilai untuk dibandingkan dan juga bisa kita memberikan peringkat nilai siswa. Misalnya kita ingin tahu nilai 90 untuk siswa sudah termasuk istimewa atau belum, kita dapat membandingkannya dengan peringkat nilai yang ada pada siswa. Dimana kita akan tahu setelah kita mempelajari perintah pada Java ini, sangat bermanfaat sekali bagi kita semua.

Fungsi Perintah Pada Java

Untuk mengenal fungsinya di dalam suatu aplikasi yang kita akan buat, kita dapat memainkan perintah-perintah yang ada untuk mengatasi suatu nilai yang akan dimasukan. Dimana kita tahu betapa pentingnya atau tidak pentingnya nilai tersebut dalam jumlah angka. Bagaimana kalau nilai tersebut berupa jumlah siswa dan siswa ini juga bingung mencari kelasnya dimana, kita bisa menggunakan perintah ini untuk mengesekusikan dengan menggunakan nama lengkap dan sistem pada aplikasi akan mencari siswa tersebut sudah terdaftar atau belum. Kalau sudah terdaftar maka sistem akan memberikan informasi berupa kelas yang akan dimasukan siswa tersebut dan kalau belum terdaftar maka sistem tersebut memberikan peringatan berupa “maaf, siswa belum terdaftar silakan untuk didaftarkan kembali” peringatan ini akan muncul ketika programmernya menuliskan pesan tersebut dan kadang kalau juga programmer bisa saja membut peringatan yang berbeda.

Pembelajaran Perintah Pada Java

Disini kita akan mempelajari hingga tuntas mengenali perintah-perintah Java dari awal pembelajaran kita hingga selesai mengenal perintah Java. Untuk melihat ketersediaan pembelajaran yang lainnya kita bisa klik menu navigasi di bagian paling atas dengan nama Java. Untuk belajar perintah Java bisa kita pilih di bawah ini. Selamat mencoba semoga bermanfaat!

Category JavaTags Dasar Java Perintah Java


Mari Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *