Operator PHP Part 4 – Operator Perbandingan Pada PHP

Publikasikan By Febri Hidayan Berikan Komentar

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Operator PHP Part 4 – Operator Perbandingan Pada PHP

Pada saat ini juga kita mempelajari operator perbandingan pada PHP, dari namanya saja pasti kita sudah tahu kalau operator ini digunakan untuk membandingkan suatu nilai tertentu pada saat pengodeannya. Dari pada banyak pembahasannya silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Operator Perbandingan Pada PHP

Operator perbandingan merupakan sebuah operator untuk membandingkan suatu nilai pada variabel. Dimana operator perbandingan digunakan dalam pembuatan perintah kondisional dalam sebuah program. Pada simbol-simbol dibawah ini ada beberapa simbol operator yang sangat penting yaitu identik dimana simbol tersebut digunakan dalam masalah login pada website kita ataupun aplikasi web yang kita buat karena simbol ini bukan hanya mengenali nama variabelnya tetapi juga mengenali nilainya. Pada simbol indentik dia harus sama dalam nilainya baik besar kecil suatu nilai, apabila nilainya tidak sama berarti gagal untuk masuk (login). Mari kita lihat simbol-simbol yang di bawah ini.

Operator Perbandingan PHP

Operator

DefinisiContohArtinya
==Sama$A == $B

$A sama dengan $B

===

Identik$A === $B$A sama identik dengan $B
!=Tidak sama$A != $B

$A tidak sama dengan $B

<> 

Tidak sama$A <> $B$A tidak sama $B
!==Tidak identik$A !== $B

$A tidak identik dengan $B

Lebih besar$A > $B$A lebih besar dari $B
Lebih kecil$A < $B

$A lebih kecil dari $B

>=

Lebih besar atau sama dengan$A >= $B$A lebih besar atau sama dengan $B
<=Lebih kecil atau sama dengan$A <= $B

$A lebih kecil atau sama dengan $B

Pada simbol operator perbandingan yang paling sering digunakan ialah, ==, >, <, >=, <=, dan yang lainnya cukup jarang digunakan. Akan tetapi yang lainnya digunakan dalam masalah hal yang sangat penting dalam pembuatan web PHP. Mari kita lihat contoh penggunaannya di bawah ini.

Kode Operator Perbandingan Pada PHP
<?php
	$kkm = 75;
	$nilai = 80;

	if ($nilai > $kkm) { //pemberian nilai >
		echo "Selamat Anda lulus";
	}
	else{
		echo "Anda tidak lulus";
	}
?>

Hasil Web Browser (Xampp)

Pada hasil diatas kenapa bisa menghasilkan Selamat Anda lulus, pada variabel $kkm dan $nilai dengan nilai yang berbeda jadi konsepnya ialah $nilai lebih besar dari $kkm. Apabila nilainya 70 dan kkmnya 75 maka hasilnya Anda tidak lulus. Kita juga bisa menggunakan simbol yang paling umum digunakan yang sebelumnya sudah dijelaskan, dimana kita hanya perlu membuat logika pada perbandingan. Tidak semua orang memiliki logika yang sama dalam menggunakan perbandingan dalam membandingankan suatu nilai. Akan tetapi pasti semua tujuannya sama, jadi semua orang memiliki tujuan yang sama dalam melakukan masalah. Semoga pembelajaran kita kali ini sangat menguntungkan dan masih banyak lagi yang harus kita pelajari, sampai jumpa ke pembelajaran berikutnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Shares