Operator PHP Part 3 – Operator Assignment Pada PHP

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Operator PHP Part 3 – Operator Assignment Pada PHP

Diwaktu yang lalu kita sudah membahas tentang operator Incremnet dan decrement pada PHP. Pada kesempatan kali ini kita membelajari operator Assignment atau bisa juga di bilang operator Penugasan, tidak menunggu lama kita lihat penjelasannya di bawah ini.

Operator Assignment Pada PHP

Operator pemberian nilai atau disebut juga dengan operator assignment merupakan salah satu operator aternative yang bisa kita gunakan untuk penambahan, penjumlahann dan yang lainnya. Hanya saja operator ini hampir sama dengan operator aritmatika, Cuma dalam penulisan dan cara kerjanya yang sangat berbeda. Pada operator assignment hanya menggunakan dua nama variabel dalam memproses penambahan, pengurangan dan lainnya. Operator yang paling umum digunakan yaitu sama dengan (=) dimana operator ini digunakan untuk memberikan suatu nilai pada nama variabel. Jadi, perbedaan dengan operator aritmatika terletak dari pengodeannya, penggunaan variabel, dan prosesnya. Pada tabel dibawah ini merupakan salah satu simbol-simbol yang harus diketahui, silakan lihat di bawah ini.

Operator Assignment PHP

Operator

DefinisiContohArtinya
=Pemberian nilai$A = $B

$A = nilai

+=

Penambahan sama dengan$A += $B$A = $A + $B
-=Pengurangan sama dengan$A -= $B

$A = $A – $B

*=

Perkalian sama dengan$A *= $B$A = $A * $B
/=Pembagian sama dengan$A /= $B

$A = $A / $B

%=

Modulus sama dengan$A %= $B

$A %= $B

Pada tabel diatas kita sudah tahu penulisannya pada kolom contoh, dimana kita hanya menulis singkat sudah bisa tahu jumlahnya berapa dalam perhitungan. Mari kita lihat contoh pengodeannya di bawah ini.

Kode Operator Assignment Pada PHP
<?php
	$angka = 10;
	$hasil_1 = 9; 
	$hasil_2 = 8;
	$hasil_3 = 7;
	$hasil_4 = 6;
	$hasil_5 = 5;

	$hasil_1 += $angka;
	$hasil_2 -= $angka;
	$hasil_3 *= $angka;
	$hasil_4 /= $angka;
	$hasil_5 %= $angka;

	echo "Hasil nilai penjumlahan : $hasil_1 <br>";
	echo "Hasil nilai Pengurangan : $hasil_2<br>";
	echo "Hasil nilai perkalian : $hasil_3 <br>";
	echo "Hasil nilaipembagian : $hasil_4<br>";
	echo "Hasil nilai modulus : $hasil_5 <br>";
?>

Hasil Web Browser (Xampp)

Sangat disayangkan kalau kita tidak menggunakan operator assignment yang mudah ini dan cara menjalankannya hanya ngebalikan suatu nilai pada variabel. Misalnya, nama variabel $a = 10; dan $b = 5; maka menjadi $a += $b kita cukup menampilkannya dengan echo $a; saja. Pada variabel $a ditambah sama dengan $b maka nilai pada variabel $bdibalikan ke variabel $a maka disanalah proses penjumlahan terjadi. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa ke pembelajaran berikutnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.