Operator PHP Part 2 – Operator Increment dan Decrement Pada PHP

Publikasikan By Febri Hidayan Berikan Komentar

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Operator PHP Part 2 – Operator Increment dan Decrement Pada PHP

Sebelumnya kita sudah membahas operator Aritmatika pada PHP dan kali ini kita akan mempelajari operator Increment dan Decrement pada PHP. Bukan hanya PHP saja yang memiliki operator ini bahasa program lainnya juga punya seperti Java, C Sharp, JavaScript, dan lainnya, untuk itu silakan lihat penjelasannya di bawah ini.

Operator Increment dan Decrement Pada PHP

Operator yang ini hampir sama dengan operator aritmatika hanya saja perbedaannya pada penggunaannya. Pada operator Increment merupakan operator yang digunakan untuk menambahkan dengan satu angka jadi apabila nilainya adalah 10 maka hasilnya akan menjadi 11. Begitu pula dengan operator decrement merupakan salah satu yang digunakan untuk mengurang dengan satu apabila nilainya 10 maka hasilnya akan 9. Operator ini akan digunakan pada statement perulangan yang akan kita jumpai di pembelajaran berikutnya. Jadi operator ini sangat mudah kita pelajari dan penulisannya pun relative singkat dengan adanya operator ini yang digunakan pada perulangan akan sebagai pengontrol ditambah satu saat perulangan terjadi maka kita akan menggunakan operator increment atau decrement pada perulangan. Maka dari itu kita lihat dahulu simbol simbol yang ada di bawah ini.

Operator Increment dan Decrement PHP

Operator

DefinisiContohArtinya
++

(Increment) Nilai ditambah satu

$A++ atau ++$A

$A = $A + 1

(Decrement) Nilai dikurang satu$A– atau –$A

$A = $A – 1

Kalua sudah tahu simbol simbol diatas akan menjadi seperti apa dan cara penulisannya juga sudah tahu, maka lihat dahulu contoh pengodeannya di bawah ini.

Kode Operator Increment dan Decrement Pada PHP
<?php
	$angka1 = 10;
	$angka2 = 30;

	$hasil_1 = ++$angka1; //pre increment
	$hasil_2 = $angka1++; //post increment
	$hasil_3 = $angka2--; //post decrement
	$hasil_4 = --$angka2; //pre decrement

	echo "Hasil : $hasil_1 <br>";
	echo "Hasil : $hasil_2<br>";
	echo "Hasil : $hasil_3 <br>";
	echo "Hasil : $hasil_4<br>";

	echo "----------------------------<br>";
	
	$tambah = 10;
	$kurang = 10;
	$tambah++; //ditambah satu
	$kurang--; //dikurang satu
	echo "Hasil penambahan : $tambah<br>";
	echo "Hasil pengurangan : $kurang";
?>

Hasil Web Browser (Xampp)

Pada hasil yang telah kita lihat diatas memang benar operator ini mengurangi dengan satu atau penambahan dengan satu. Pada contoh hasil diatas pada baris ke tiga dan keempat kok di baris keempat mala berkurang dua dan baris ketiga mala nilainya tetap? Karena pada baris kedua dan ketiga sama penulisannya yaitu post maka terjadi kesamaan maka hasilnya mala di pindahkan keempat. Kalua masih bingung cara penyampaiannya kita bisa mencobanya sendiri, maka hasilnya pasti sama yaitu berkurang satu menjadi 29. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pembelajaran berikutnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Shares