Mengenal JavaScript Part 3 – Cara Menghubungkan JavaScript Ke HTML

Febri Hidayan Komentar

Sebelum belajar JavaScript kita harus melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu, bagaimana cara menyambungkan JavaScript di HTML. Ada dua cara untuk menyambungkannya internal dan eksternal, kalau menyambungkan dengan internal kita butuh teks <script> sesudah teks <body> dan sebelum teks penutup </body>. Berikut ini cara menyambungkan JavaScript ke HTML.

Misalnya

<script>
   //kode skrip
</script>

Kalau menggunakan secara eksternal kita butuh file baru dengan nama script.js kalau nama terserah maunya apa yang penting adalah formatnya yaitu dot JS (.js). untuk memanggil secara eksternal biasanya kita menulis teks skrip setelah pembuka <head> dan sebelum penutup </head> dengan melakukan cara memanggilnya.

<script type="text/javascript" src="script.js"></script>

“perlu di ingat lagi kalau kita menempatkan di dalam folder misalnya namanya javascript maka untuk memanggilnya src=”javascript/script.js” dan kita tidak perlu menggunakan teks <script> kita hanya perlu menulis kodenya”. Untuk belajar JavaScript kita hanya menggunakan secara internal, Kenapa?. Karena agar kita tidak bolak balik ke file lainnya. Untuk menulis kodenya kita menggunakan software yang namanya Sublime Text 3 dimana software tersebut sangat mudah kita menggunakannya tinggal tulis sedikit scriptnya dan tekan enter sudah langsung jadi yang kamu inginkan.

Category JavaScriptTags Dasar JavaScript


Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.