Database MySQl Part 3 – Cara Mengedit Data Pada Database Dengan PHP

Febri Hidayan Komentar

Database MySQl Part 3 – Cara Mengedit Data Pada Database Dengan PHP

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengedit data pada Database, sejauh ini teman-teman harus sudah mengikuti artikel sebelumnya dan yang satu ini.

Cara Mengedit Data Pada Database Dengan PHP

Ada beberapa cara untuk mengedit data pada Database yang pertama ialah mengedit langsung pada Database-Nya (phpMyAdmin). Kedua ada juga yang menggunakan terminal atau disebut juga dengan Command Prompt. Ketiga yang pastinya menggunakan beberapa bahasa pemograman yang bias merinteraksi ke database. Sekedar contonya yaitu bahasa Java, C Sharp, Visual Basic. Akan tetapi kita gak membahas hal itu karena kita akan menggunakan bahasa pemograman PHP. Kenapa kita perlu melakukan pengeditan pada Database, karena gak semua orang bisa melakukan Insert data yang sempurna mana tahu umur seseorang 20 tahun yang dimasukan ke database 23 tahun. Pasti hal ini akan menjadi konflik. Untuk itu teman-teman bisa ikuti caranya di bawah ini.

Baca juga: Database MySQl Part 2 – Cara Menampilkan Data Pada Database Dengan PHP

Pertama kita harus membuat folder dan filenya dengan format dot php (.php), untuk nama bebas terserah teman teman saja. Selanjutnya kita bisa lihat code-Nya dibawah ini.

Kode Cara Mengedit Data Pada Database Dengan PHP
<?php
// koneksi ke database
$sql = mysqli_connect('localhost', 'root', '', 'db_siswa') or die('gagal terkoneksi.');

$nama = 'ilham';
$umur = 21;
$id = 1;

$query = "UPDATE siswa SET nama = '$nama', umur = '$umur' WHERE id = '$id'";

if (mysqli_query($sql, $query)) {
  echo 'berhasil mengedit data';
}else{
  echo 'gagal mengedit data';
}

// menutup koneksi
mysqli_close($sql);
?>

Gambar data dari Database sebelum file pengeditan dijalankan

Hasil web browser

Gambar data dari Database sesudah file pengeditan dijalankan

Diatas merupakan contoh penggunakan UPDATE, ada beberapa hal yang harus diketahui buat teman-teman. Untuk penjelasannya bisa lihat dibawah ini.

  1. UPDATE

UPDATE atau pembaruan digunakan untuk mengubah suatu nilai didlam table database kita. Jadi teman-teman jangan salah ketik mana tahu penulisannya menjadi UPDATE FROM, hal ini yang saya pernah alami ketika baru belajar pengguaan UPDATE.

  1. SET

SET digunakan untuk memilih fields atau kolom pada table yang ingin diubah nilainya, misalnya didalam table ada 4 kolom teman-teman bisa ubah 2 kolom saja.

  1. WHERE

Yang terakhir ini merupakan yang paling penting yaitu WHERE, kenapa menggunakan yang satu ini? Kerena kita tidak ingin menggubah semua datanya yang ada didalam table. Maka dari itu kita hanya memilih satu saya yang kita ubah, kalau kita tidak menggunakan WHERE maka hal hasil semua datanya akan terubah dengan nilai UPDATE terakhir.

Semoga artikel yang satu itu sangat berguna buat kita semua, dan masih banyak yang saya kasih tahu. Akan tetapi kedepannya saya bisa fokus di Sekolah Program.

Baca juga: Database MySQl Part 4 – Cara Delete Data Pada Database Dengan PHP

Category PHPTags Database MySQL


Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.