Belajar Dasar HTML Part 3 – Cara Pintar Memilih Text Editor

Febri Hidayan Komentar

Belajar Dasar HTML Part 3 – Cara Pintar Memilih Text Editor

Cara Memili text editor itu sangat mudah dan sangat banyak di internet yang kita bisa cari. Tidak ada salahnya kalau kita ini memilih Text Editor untuk seorang programmer. Ingin memiliki aplikasi editor untuk membuat program sepeti HTML, CSS, PHP dan juga yang lainnya. saya akan jelaskan sedikit. Untuk membuat kode dokumen kita harus membutukan IDE (Integrated Development Evironment) adalah sebuah aplikasi untuk memberikaan fasilitas bagi para programmer. ketika membuat program aplikasi berbasis desktop, web, ataupun mobile. Biasanya sebuah IDE terdiri dari source code editor build automation tools dan debugger (Wikipedia).

Aplikasi Editor Untuk Belajar Programming

Untuk memilih text editor tidak terlalu sulit bagi kita, hanya saja kita ingin mencari yang lebih berkualitas dan memiliki fitur fitur yang lebih pada setiap editor yang kita inginkan. Saya akan memberikan beberapa aplikasi editor yang sering kali digunakan oleh saya dan juga teman teman saya dalam membuat program, yaitu Sublime Text 3, Notepad++, dan juga Atom. Berikut ini penjelasanya:

Sublime Text

Merupakan salah satu tekx editor terbaik saat ini khususnya untuk seorang programmer untuk membuat Web Developer yang sangat canggih untuk koding, markup, dan lainnya. dimana Sublime Text ini bisa dibilang sebagai senjatanya para programmer. Sublime Text memiliki versi berbayar dan juga gratis, bukan berarti untuk trial 30 hari hanya saja setiap beberapa kali menyimpan dokumen akan ada tampilan meminta register pada Sublime Text. Sekali lagi Sublime Text yang gratisan tidak memiliki ambang batas waktu. Untuk fitur yang terdapat pada Sublime Text yaitu, Multiple Selection, Command Pallete, Distraction Fress Mode, Find in Project, Plugin Api Switch, Drag and Drop, Split Editing, Multi Platform, dan goto anything. Untuk penjelasanya lebih lengkap kunjungi Kelebihan Terdapat Pada Sublime Text 3. Version: Build 3157 (9 February 2018) Download (Sublime Text 3 64 bit) dan (Sublime Text 3 32 bit).

Notepad++

Notepad++ dibaca (Notepad Plus Plus) adalah texk editor terbaik yang berjalan untuk Sistem Operasi Windows yang didistribusikan sebgai perangkat lunak bebas. Notepad juga memiliki dukungan bahasa pemograman yaitu: Assembly, C, C++, C#, CSS, HTML, Java, Javascript, Pascal, Perl, PHP, Python, Ruby, Shell, SQL, VB, XML, dan lain sebagainya. Bisa dilihat dari Notepad++ sendiri mimiliki kelebihan, seperti adanya GUI yang baik dan sangat menarik. Selain itu, Notepad++ juga dapat ditambahkan berbagai plugin untuk memudahkan pekerjaan para programmer. Update V7.5.4 (2018-01-01) Download (Notepad Plus-Plus).

Atom

Dimana Atom dibuat oleh GitHub dan diklaim sebagai teks editor yang bisa dicustom dengan mengubah file konfigurasinya. Atom merupakan teks editor yang memiliki lisensi open source dan tersedia untuk platform OS X, Linux, dan juga Windows. Editor yang satu ini merip sekali dengan Sublime Text, karena memang dibuat dengan menggunakan Sublime Text sebagai referensinya. Atom juga bersifat modular, jadi kta bisa menginstall plugin tambahan. Download Atom

Artikel di Update (22 Februari 2018)

Category HTMLTags Dasar HTML


Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.