Belajar Dasar HTML Part 2 – Pengertian Web Browser dan Fungsinya

Febri Hidayan Komentar

Belajar Dasar HTML Part 2 – Pengertian Web Browser dan Fungsinya

Sebelum masuk ke pembelajaran kita, alangkah baiknya kita mengetahui web browser manakah yang kita akan gunakan, dan apa yang bagus. Untuk itu simak artikel ini dengan baik.

Pengertian Web Browser

Web Browser adalah suatu program ataupun software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari sumber daya dari suatu web yang tersimpan kedalam komputer. Awalnya, Web Browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar ataupun animasi bergerak misalnya gambar bergerak ataupun teks bergerak. Namun, pengembangan Web Browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar maupun teks saja, akan tetapi juga bisa menampilkan file multimedia seperti video, musik, dan suara kita.

Web Browser juga dapat mengirim dan menerima pesan kita melalui jejaring sosial yang kita punya saat ini, dan beberapa pengelola HTML, CSS, PHP, JavaScript, dan juga jQuery kita bisa memanfaatkan Web Browser untuk mempelajari itu semua, dengan sebagai alat input dan menjadikannya halaman web sebagai hasil output yang informative hasil karya kita sendiri.

Dengan adanya Web Browser para pengguna internet dapat mengakses berbagaai informasi yang terdapat pada internet dengan mudah dan cepat. Beberapa contoh Web Browser diantaranya Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Egde, Uc Browser, dan masih banyak yang lainnya.

Fungsi Web Browser

Web Browser merupakan hal pertama yang digunakan para programmer untuk melalukan compiler ataupun juga interpreter. Untuk hal itu para programmer memaksimalkan dalam pembelajari bahasa program HTML, CSS, PHP, JavaScript, dan juga jQuery maka harus dibutukan Web Browser untuk belajar tingkat lanjut.

Dipembelajaran ini saya menggunakan Google Chrome dikarenakan paling terfavorit bagi saya, entah mengapa saya memilih browser ini mungkin dari penggunaan email saya menggunakan email google mungkin dari situlah aktivitas saya dari google. Semua web browser sama hanya membedakan kualitas masing masing browser. Adapun fungsi fungsi browser yang harus kita ketahui, bisa kita simak secara sesama. Contohnya sebagai berikut:

Caching

Bertujuan untuk mereduksi penggunaan bandwidht, mengurangi kesibukan web server, mencegah terjadinya lag. Dengan adanya penyimpanan data dan instruksi yang sering digunakan atau diakses.

Authentication

Merupaakan suatu proses untuk melakukan hal validasi terhadap identitas user, yang bertujuan untuk menentukan apakah seorang user diperkenalkan untuk mengakses jaringan. Adapun contohnya yaitu sering terjadi pada saat kita diharuskan untuk memasukan username dan password.

State Maintenance

Merupakan sebuah mekanisme untuk memastikan bahwa Web Browser akan tetap stabil dengan baik untuk merequest ataupun untuk merespon.

Requesting Supporting Data Item

Mekanisme ini yang dilakukan untuk meminta item yang mendukung data yang diminta oleh user misalnya plugin flash player ataupun adobe flash player.

Taking Action In Responses To Other Header and Status Code

Setiap kali kita mengujungi suatu website favorit kita atau pun website pencari informasi yang kita inginkan, maka sebuah komputer akan meminta data dari server melalui HTTP atau pun juga HTTPS (apa bila menggunakan SSL) bahkan halaman yang dimintanya akan ditampilkan dalam browser, web server akan mengirim header HTTP yang memiliki code status. Code status inilah yang menyediakan sumber daya tentang status permintaan tersebut.

Rendering Complex Object

Adalah sebuah proses dimana menagkapan segala sesuatu ada didalam halaman web kita serta efek efek yang terjadi didalamnya. Sehingga halaman yang ditampilkan akan lebih sempurna.

Dealing With Error Condition

Salah satu untuk penangganan error yang terjadi. Dimana suatu web akan kehilangan link sendirinya atau sering sekali disebut error 404 artinya halaman yang kita tuju tidak tersedia atau pun telah dihapus oleh pemiliknya.

Category HTMLTags Dasar HTML


Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.