Array PHP Part 5 – Multi Dimensi Array Pada PHP

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Array PHP Part 5 – Multi Dimensi Array Pada PHP

Sebelumnya kita membahas Metode Associative Array pada PHP dan kali ini kita gantian membahas Multi Dimensi Array pada PHP. Dimana dari katanya yaitu Multi berarti bisa melakukan banyak cara baik dari isi Array-Nya maupun cara pengodeannya yang sederhana dan bisa memasukan lebih banyak data. Agar lebih paham cara penggunaan Multi Dimensi Array pada PHP silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Multi Dimensi Array Pada PHP

Muti dimensi array adalah merupakan sebuah array yang memiliki beberapa array dalam satu array. Dimana multi dimensi array seperti array yang bercabang, karena kita bisa menulis banyak array di dalam satu array saja. Seperti apa cara penulisannya, untuk cara penulisanya terbilang mudah di pahami, lihatlah pada script di bawah ini.

Penulisan Multi Dimensi Array Pada PHP
$nilai = array(
	array('nilai', 'nilai', 'nilai');
	array('nilai', 'nilai', 'nilai');
	);

Pada penulisan diatas semua nilai array bisa di buat banyak-banyak baik itu berupa data maupun nama. Untuk menampilkannya sendiri kita menggunakan angka, sebagi contoh yang lebih jelas lihatlah di bawah ini.

Kode Multi Dimensi Array Pada PHP
<?php
	$merek = array(
				array('Acer', 'Apple', 'HP'),
				array('Samsung', 'Microsoft', 'Nokia')
				);

	// 00 01 02
	// 10 11 12

	$merek [1][2] = "merek terkemuka"; //untuk menganti nilai array
	echo $merek[1][1];
?>

Hasil web Browser (Xampp)

Pada hasil diatas menghasilkan nilai microsoft, bagaimana cara memanggil suatu nilai di dalamnya. Sebelum memangil nilai pada array kita harus tahu urutannya sesuai baris dan kolomnya pada array tersebut, kita bisa lihat pada pengodean diatas (00 01 02) dan (10 11 12) yang digunakan untuk memanggil nilai diatas. Semua itu diawali dengan angka 0, sangat mudah bagi kita untuk mengetahui posisinya, bukan!. Pada baris ke 10 itu ada tulisan katanya untuk mengganti nilai array, maksudnya apabila echo $merek[1][1]; sama dengan baris ke 10 maka akan menggantikan sebuah nilainya. Jadi 1 dan 2 berarti menampilkan nilai nokia, stop tunggu dulu ternyata variabel mendeteksi adanya perubahan yaitu pada baris 1 dan kolam 2 menjadi nilainya merek terkemuka. Mungkin sampai disini sudah paham cara penggunaannya dan apabila kurang bisa langsung komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat dan mohon maaf apa bila ada kesalahan penulisan. Sampai jumpa ke pembelajaran berikutnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.