Array PHP Part 3 – Associative Array Pada PHP

Publikasikan By Febri Hidayan Berikan Komentar

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Array PHP Part 3 – Associative Array Pada PHP

Sebelumnya kita sudah membahas Metode Array pada PHP dan saat ini kita akan membahas Associative Array pada PHP. Tinggal sedikit lagi pembelajaran kita tentang PHP, untuk itu kita langsung lihat bagaimana cara penggunaan Asociative Array pada PHP di bawah ini.

Associative Array Pada PHP

Apa itu associative array? Associative array atau dikenal sebagai assosiatif pada array merupakan array yang menggunakan kata kunci sebagai indeknya, yang sebelumnya kita mengenal indexed array yang mengurutkannya dengan angka 0, 1, 2, 3 dan seterusnya. Kalau di associative array kita menggunakan kata kata kunci untuk mencari isi yang ada pada array tersebut. Bagaimana cara penulisannya? Untuk penulisannya kita bisa lihat di bawah ini.

$data = array('kunci' => "nilai");

Cara penulisannya cukup simpel hanya seperti contoh diatas, kalau kita ingin menambahkannya lagi kita bisa melanjutkannya di sampinnya. Baik!, untuk melihat contoh penulisan yang kedua kita bisa lihat di bawah ini.

Kode Penulisan Associative Arra Pada PHP Kedua
<?php
	$formulir = array('Nama' => 'Dhika' , 'Umur' => 20 , 'Lahir' => 'Jakarta' );

	$formulir['Nama'] = "Febri Hidayan";
	echo "Nama terdaftar " . $formulir['Nama'];
?>

Hasil Web Browser (Xampp)

Pada contoh diatas namanya berubah menjadi Febri Hidayan kenapa hal ini bisa terjadi? Karena kita mengubah nilainya yang kita bisa lihat pada baris variabel $formulir[‘Nama’] = “Febri Hidayan”;. Pada kata kunci kita harus berhati-hati dalam penulisannya karena bersifat sensitif baik huruf besar kecilnya huruf yang kita gunakan dan juga angka di dalamnya, kalau nilai kita bebas mau pada saja karena sifatnya hanya untuk di tampilkan. Pada nama diatas berubah akibat kita mengalikan kata kunci ke nilai yang baru yaitu Febri Hidayan, kita juga bisa mengubah nilai tampa menggubah isi di dalam array. Kalau merubah nilai array tampa mengedit isi array-Nya kita hanya menggunakan perintahnya yang sebelumnya sudah di jelaskan. Semoga bermanfaat pelajaran kita kali ini dan mohon maaf kalau terjadi kesalahan. Sampai jumpa ke pembelajaran berikutnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Shares